Rabu, November 21, 2007

Linux Desktop Environment : KDE

Selain desktop GNOME, pada distro Linux juga terdapat berbagai macam jenis desktop lainnya. Salah satunya adalah KDE. Desktop ini terkenal akan kemiripannya dengan desktop Windows. Oleh karena itu, desktop jenis ini banyak dipakai oleh user yang baru saja menggunakan Linux. Dalam postingan kali ini, Farriz akan kembali sedikit bercerita tentang desktop enviroment ini.
KDE atau K Desktop Enviroment adalah free software project yang bertujuan untuk membuat powerful system yang memudahkan dalam penggunaan desktop. Tujuan utama project ini adalah menyediakan desktop dengan fungsi-fungsi dasar dan aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari. KDE adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE berjalan pada banyak ragam sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. Terdapat pula versi KDE untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin. Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabilitas, dan kekayaan fitur. KDE project juga bertindak sebagai proyek yang memayungi aplikasi proyek lebih kecil yang didasarkan pada KDE teknologi, seperti K Office, K Develop, Amarok, dan K3B.


Screenshot KDE 3.5.7 dengan default desktop

KDE diciptakan untuk menyediakan GUI yang lengkap, konsisten, dan mudah digunakan untuk sistem operasi GNU/Linux. Yang membuat KDE menarik adalah arsitekturnya: penggunaan bahasa berorientasi objek, pustaka yang dibangun dengan sungguh-sungguh yang menyediakan teknologi yang luar biasa dan fitur tingkat tinggi, yang membuatnya sangat mudah digunakan untuk membangun aplikasi diatasnya. Bagian yang susah adalah membuat kode yang cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan aplikasi-aplikasi di atasnya.
KDE juga menyediakan berbagai macam aplikasi yang kompatibel pada distro Linux yang menggunakan desktop KDE, yaitu :


Screenshot KDE 3.5 menjalankan Kontact personal information manager dan Konqueror file manager


Sumber :
Wikipedia
Distrowatch
KDE

1 Comment:

Unknown said...

Mas farriezt, postink tentank desktop fluxbox dounk!!!!! aku kan pengen tahu (ngerti).

© New Blogger Templates | Webtalks