Kamis, November 08, 2007

Linux Desktop Interfaces : GNOME

Seperti Janji Farriz pada postingan kemaren-kemaren, kali ini Farriz akan sedikit bercerita tentang salah satu macam desktop pada Linux yaitu GNOME.

GNOME adalah proyek internasional untuk membangun desktop-enviroment yang sempurna yang sepenuhnya adalah software yang gratis. Tujuan utama proyek ini adalah membangun susunan dan pengembangan software, memilih aplikasi software untuk desktop, dan bekerja untuk membuat program untuk me-manage application launching, file handling, serta window and task management.
GNOME adalah bagian dari GNU project dan dapat digunakan pada berbagai sistem operasi Unix-like seperti Linux dan Solaris. GNOME diluncurkan oleh GNU Project pada Agustus 1997 untuk menanggapi peluncuran KDE yang merupakan software desktop environment yang berbasis Qt widget toolkit yang sekarang tidak menggunakan free software license. Hal ini membuat para anggota GNU Project ingin membuat semacam toolkit untuk membangun software desktop dan aplikasi yang sepenuhnya gratis. Oleh karena itu, 2 proyek dimulai yaitu Harmony Toolkit untuk menggantikan Qt Libraries dan GNOME untuk membuat desktop baru tanpa Qt dan membangun desktop tersebut secara gratis sepenuhnya. Untuk menggantikan Qt, GTK+ digunakan sebagai basis dari GNOME desktop.
GNOME menyediakan lingkungan pengguna yang bersahabat yang "langsung bekerja" untuk pengguna sehari-hari, tanpa terlalu rumit atau fasilitas yang membingungkan. Pada saat yang sama GNOME menyediakan pengalaman fleksibilitas yang kaya yang diinginkan para pengembang

GNOME 2.20 screenshot

Pada desktop GNOME, juga menyertakan berbagai macam aplikasi yang kompatibel pada distro Linux yang menggunakan desktop GNOME, antara lain :

Sumber :
Wikipedia
Distrowatch
Gnome

2 Comments:

Unknown said...

GNOME, desktop LInux yg terkenal orange n coklatnya.

Kamu itu membantu temen2 07 buat ngerjain tugas praktikum PK.

Terusin aje gpp koq.

Keep blogging.

Nanda.

Anonim said...

itu sangat menarik untuk dibaca. Saya ingin mengutip posting Anda di blog saya. Hal ini dapat? Dan Anda et account di Twitter?.

© New Blogger Templates | Webtalks